Selasa, 10 April 2012

Jual Kerupuk Kulit Sapi Mentah


Kerupuk rambak adalah salah satu makanan ringan untuk cemilan. Kerupuk jangek yang berasal dari kulit kerbau pilihan yang diolah secara tradisional dan merupakan salah satu oleh-oleh yang menyenangkan untuk dapat langsung dikonsumsi.

Krupuk rambak merupakan kerupuk yang sudah berpuluh-puluh tahun diproduksi dan merupakan salah satu oleh-oleh yang menyenangkan. Usaha ini diteruskannya dari orangtuanya.

Makanan kecil ini termasuk laris manis untuk oleh-oleh. Kerupuk rambak alias kerupuk dari kulit sapi atau kulit kerbau juga lebih enak disajikan dengan makanan lainnya yang termasuk gulai yang berkuah. Ukuran kerupuk yang tergolong besar yakni sekitar 15 sentimeter persegi bisa juga digunakan untuk menyendok kuah.

jenis kerupuk yang sangat tipis, berbentuk petak, berwarna kuning, terbuat dari kulit sapi yang dijemur kering. Jika memakannya, pertama-tama sensasi yang dirasakan adalah jangek tersebut seakan menghisap lidah, lalu lambat laun mulai melembut. Enak memang, walaupun penikmatnya mudah haus dibuatnya,” tambahnya.

“Krupuk rambak biasanya menjadi teman kriuk- kriuk saat menyantap ketupat sayur, sate Padang dan makanan kuah lainnya, serta banyak penderita penyakit lambung atau maag yang mengkonsumsi kerupuk jangek karena bagus untuk memperbaiki pencernaan,” katanya.

Kulit Sapi yang didapatnya langsung dibelinya dari tukang potong alias tukang kikil. Krupuk rambak yang sudah jadi dijualnya berkisar antara Rp 500 sampai Rp 5.000 perbungkusnya.

Sampai saat ini mempunyai langganan tetapnya dan pasaran usahanya sudah tersebar di berbagai tempat rumah makan besar di kota Medan.

“Dijaminlah kerupuk jangek ini tidak memakai bahan pengawet,” ujarnya.

3 komentar:

  1. fauzan.jakarta.maksih pa sudah sampei krupuk kulitnya

    BalasHapus
  2. sy dr malaysia mau beli 3kilo .skali kos kirim berapa?boleh email sy ctaminahluke@yahoo.com atau whatsaapp saya +60148202169 .. segera ya..

    BalasHapus